Definisi, Apa itu Pemanasan Global

Bookmark and Share
Definisi, Apa itu Pemanasan GlobalDefinisi pemanasan global adalah peningkatan yang signifikan dalam suhu iklim bumi selama waktu yang relatif singkat sebagai akibat kegiatan manusia. Suhu bumi meningkat dari 1 atau lebih derajat Celcius dalam periode 100-200 tahun belakangan. Dari definisi pemanasan global dapat kita ketahui bahwa pemanasan global dalam jangka panjang tentu akan berdampak buruk bagi kehidupan.

Pemanasan global dikatakan memiliki efek luas yang akan memukul sejumlah industri dan mengubah bentuk alam. Salah satuya, es di kutub sudah mulai mencair dalam jumlah yang besar, yang akan memberikan kontribusi naiknya permukaan air laut di seluruh dunia. Ini akan bercampur dengan perubahan suhu udara untuk membuat peristiwa cuaca ekstrim dan pola perubahan iklim yang mencakup badai tornado, pola angin yang tidak menentu.

Pemanasan globa dapat disebabkan oleh alam, termasuk pelepasan gas metan dari tundra Arktik dan lahan basah, perubahan iklim, gunung berapi, dan lain sebagainya. Metana dan gas rumah kaca yang menjebak panas di atmosfer bumi, dibiarkan keluar dalam jumlah besar di tundra Arktik dan lahan basah. Dalam kasus gunung berapi, ketika gunung berapi meletus, berton-ton abu dibiarkan keluar ke atmosfer. Meskipun alam berkontribusi terhadap pemanasan global, kontribusi ini sangat kecil bila dibandingkan dengan kontribusi manusia untuk pemanasan global ini.

Pembakaran bahan bakar fosil (batu bara, minyak bumi) juga merupakan penyebab pemanasan global. Ketika bahan bakar fosil dibakar, mereka mengeluarkan karbon dioksida, yang merupakan gas rumah kaca lain yang perangkap panas dalam atmosfer bumi dan memberikan kontribusi terhadap pemanasan global. Kedua saat melakukan penambangan, metana lolos dari kerak bumi ke atmosfer dan menambah gas rumah kaca lain seperti karbon dioksida. Manusia bernapas mengeluarkan karbondioksida, dan dengan meningkatnya populasi, jumlah karbon dioksida manusia bernapas keluar juga meningkat dan menyebabkan pemanasan global. Bahkan pertanian memberikan kontribusi terhadap pemanasan global, karena penggunaan pupuk yang luas, dan kotoran yang dihasilkan oleh ternak yang merupakan sumber utama metana.

Pengaruh pemanasan global mulai dari kenaikan permukaan air laut hingga kepunahan spesies tertentu. Pada dasarnya, pemanasan global berarti peningkatan suhu atmosfer bumi. Peningkatan suhu akan memicu serangkaian peristiwa yang dapat menyebabkan banyak kerusakan di planet ini.

NB: Hasil pencarian pemanasan global, definisi pemanasan global. Silakan baca: Contoh teks naskah pidato pemanasan global.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment